Just another WordPress.com site

daur ulang kertas bakas

Manfaatkan tumpukan koran lama di gudang, menjadi kertas daur ulang yang unik dan cantik. Selain berguna, mendaur ulang kertas bekas juga merupakan tindakan nyata melindungi lingkungan.Bahan & Alat:
Kertas koran/ majalah/ buku bekas
White glue/ lem kertas
Blender/ food processor
Screen sablon, sebesar ukuran kertas yang ingin dihasilkan
Kain katun
Busa spons
Baskom/ ember/ wadah agak besar dan lebar
Setrika
Pewarna kimia atau alami (kunyit, daun pandan, gambir, daun jati, pacar cina, dan lainnya)

Cara Membuat:


1.Sobek-sobek limbah kertas menjadi serpihan kecil, rendam di dalam air selama 1-2 hari. Campur serpihan kertas dengan white glue hingga menjadi bubur kertas.
2.Tuang bubur kertas ke dalam baskom atau wadah lebar berisi air bersih, aduk rata. Masukan parutan kunyit atau pewarna kimia, untuk ingin menghasilkan kertas daur ulang berwarna-warni.
3.Saring adonan kertas yang tidak terlalu kental ini dengan screen sablon, jangan terlalu tebal. Tiriskan screen di atas spons sampai semua airnya terserap spons.
4.Pindahkan hasil saringan tadi ke atas kain dengan posisi terbalik, gosok sedikit atau tepuk-tepuk screen sampai lembaran kertas basah ini menempel di kain lalu angkat hati-hati. Pindahkan kain ke atas spons.
5.Jika sudah cukup kering, angkat kain dan jemur di bawah sinar matahari. Setelah kering, untuk menghilangkan kelembapan yang mungkin tersisa, kain berlapis kertas ini dapat disterika dengan suhu yang cukup hangat.
6.Terakhir, setelah disetrika, pisahkan kertas daur ulang dari kain secara perlahan, jangan sampai sobek. Voila, kertas daur ulang berwarna cantik dan bertekstur unik kini terhampar di depan Anda!

Tips: 
•Untuk memisahkan tinta pada kertas koran bekas, didihkan rendaman kertas terlebih dahulu sebelum dijadikan bubur kertas, sekitar 10 menit lalu buang bekas air rendamannya.
•Tambahkan kelopak bunga, daun kering, bekas parutan kelapa kering, ataupun serbuk kayu untuk mendapatkan tekstur kertas daur ulang yang unik.
•Penambahan white glue pada saat mencampur kertas dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Semakin banyak pemakaian white glue, kertas yang dihasilkan akan semakin kuat. Tepung jagung dan serat batang pisang dapat menggantikan white glue, untuk memperkuat materi kertas yang dihasilkan.

sumber ..http://default.tabloidnova.com/article.php?name=/tips-mendaur-ulang-kertas&channel=tips

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s