Just another WordPress.com site

piranti mancing

Mengenal piranti memancing

Dalam satu kegiatan tentu memerlukan alat/piranti..Begitu juga dalam kegiatan memancing kita juga harus menyiapkan pirantinya..Alat dalam satu kegiatan akan berpengaruh pada hasil akhir nanti..Begitu juga dalam hal  memancing..Ada baiknya kita mengenal dulu piranti mancing sebelum kita memancing..
1. Joran.
Joran salah satu alat yang sangat di perlukan dimanapun kita mau mancing..Pungsinya untuk melempar umpan ke spot yang kita tuju di suatu lokasi mancing..Joran juga berpungsi untuk menghentak kail yang sudah di makan ikan..Tapi ada juga memancing yang tidak memerlukan joran..
2. Senar.
Senar sangat di butuhkan dalam memancing ikan..Hehe karena tanpa senar kita mau menggunakan apa? Senarpun ukuranya berpariasi. Tinggal kita menyesuaikan dengan lokasi dimana kita mau memancing..
3. Reel.
Reel berpungsi untuk menggolong senar. Reel bisa juga di gantikan dengan apa saja yang pada dasarnya bisa di pakai untuk menggolong senar. Ada juga mancing yang tidak memerlukan reel. Mancing dengan joran tegeg tidak memerlukan reel. Senar pancing cukup di ikatkan di bagian ujung joran.
4. Kail.
Kail merupakan piranti yang wajib dalam memancing. Ukuran mata kailpun sangat beragam. Malah ada mata kail yang khusus untuk ikan ikan tertentu Yang membedakanya dari bentuk dan ukuranya..
5. Umpan.
Umpan mungkin bisa dibagi tiga..
@. Umpan racikan, umpan yang di racik sendiri dengan bahan bahan yang di sesuaikan dengan lokasi tujuan kita memancing..Karena tidak semua umpan racikan bisa di pakai di semua lokasi mancing.
@. Umpan alami,umpan yang secara alami jadi makanan ikan itu sendiri. Misalnya cacing tanah, jangkrik, cangkilung, uter dll. Ada juga umpan alami berupa butir biji padi yang masih hijau, lumut, pucuk, daun ketimun. Umpan tersebut biasanya di pakai dengan target ikan ikan tertentu saja..
@. Umpan sintetis, umpan sintetis sudah banyak di produksi dengan bahan dan bentuk yang beraneka ragam. Kebanyakan umpan sintetius di pake saat mancing di laut.
6. Pelampung.
Pelampung pungsinya untuk mengetahui saat umpan kita di sambar ikan pelampunjg akan bergerak gerak ke atas ke bawah kalau umpan kita di sambar ikan. Jarak pelampung dengan mata kail harus di sesuaikan dengan kedalaman kolam. Pelampung tidak mutlak dalam memancing.
7. Pemberat.
Pemberat pungsinya untuk menenggelamkan umpan. Besar kecilnya harus di sesuaikan dengan keperluan.
8. Anting anting.
Anting anting punya pungsi untuk mengaitkan pelampung. Caranya anting anting di masukan ke senar dan di batasi oleh stoper. Jadi kita akan dengan mudah kalau mau ganti pelampung tinggal mengaitkanya.
9. Stoper.
Stoper berpungsi untuk membatasi pelampung. Cara kerjanya hanya tinggal di naikan atau di turunkan saja sesuai dengan keperluan.
10. Koja
Koja tempat menampung ikan hasil tangkapan kita..
Tapi masih banyak lagi piranti yang di perlukan saat memancing.
Semoga artikel di atas bisa bermampaat bagi para calon mania mancing..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s